Minggu, 27 September 2020

Aku dan Peranku

 

Hai, kenalin semuanya…

Nama aku avieda rachma, umurku 18 tahun, asal Bandung, dan sekarang aku merupakan mahasiswi baru di (katanya) kampus terbaik bangsa yaitu ITB lebih tepatnya FTI ITB.

Minat dan bakat

Sejak dulu aku senang bermain musik seperti piano, biola, dan ukulele. Jujur aku sempat mencoba gitar namun aku merasa tidak enjoy dan akhirnya mungkin gitar bukan instrumenku.  Minat aku pada musik mulai dipupuk sejak saya mengikuti les musik di suatu institusi musik. Hobi aku adalah mendengarkan musik dan menonton film. Akhir-akhir ini, Aku memiliki hobi baru yaitu membaca buku. Kenapa? Alasannya aku ingin membiasakan diri untuk membaca beribu2 kata dalam sehari untuk membantuku membaca teks book kuliah yang cukup tebal. Aku juga sangat senang bersosialisasi, mengenal teman baru, dan aku sanga senang dengan topik mental health/ self development.

Latar pendidikan

Sebelumnya saya pernah bersekolah di SMA Negeri 3 Bandung yang konon katanya merupakan SMA Favorit di Bandung. Dulu saat di bangku SMA, aku sangat ingin segera lulus dari sekolah namun kini malah aku sangat rindu akan suasana SMA. Saat ini, aku sedang menempuh pendidikan S-1 di ITB (Institut Teknologi Bandung). Lalu dilanjut nanti saat tingkat 2 aku akan masuk ke jurusan MR karena sudah peminatan jurusan sejak memilih di SNMPTN.  Fakultas ku adalah Fakultas Teknologi Industri yang katanya fakultas paling ambis. Jargon angkatan 2020 saja #OraAmbisOraFTI

Kelebihan dan kekurangan

Menurutku, aku adalah orang yang ramah, mudah bersosialisasi, mudah beradaptasi dan peka dengan perasaan orang lain. aku akan berusaha membantu teman jika membutuhkan pertolongan semampuku. Aku juga senang belajar hal2 baru yang nantinya akan berguna untuk diri aku sendiri.

Dibalik itu aku memiliki kekurangan yaitu aku sangat moodyan dan terkadang hal itu menghambat apa yang sedang aku jalani. Selain itu aku ingin mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum serta kemampuan membuat cv.

Hasil perenungan definisi peran saya

Kami diberikan workbook agar lebih memudahkan dalam pengerjaan tugas yang diberikan. Dalam workbook itu, terdapat empat tools yang diterapkan: SWOT, Matriks TOWS, Ikigai, dan IDP.

Dari Ikigai yang saya buat saya mencantumkan salah satu tujuan idup yaitu bermusik. Dengan musik saya dapat menciptakan konser musik untuk menghibur orang dan dengan itu saya mendapat apresiasi dan hal tambahan yaitu uang hasil kerja keras menjadi pemusik maupun guru musik yang merupakan kerja sampingan.


Rencana saya dalam mencapai peran hidup saya, yaitu:

  1. Masuk MR dan lulus S1 range 3,5 tahun lalu melanjutkan S2 dengan IP yang memuaskan dan fastrack.
  2. Melatih kemampuan dalam diri dan menambah relasi melalui organisasi dan kepanitiaan2 yang ada di ITB ini.
  3. Mengikuti webinar2/ seminar mengenai softskill

#StoryOfMyLife #MendefinisikanPeran #OSKMITB2020 #TerangKembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Day 2 Dikpus : Indentitas Mahasiswa

Tinggal di daerah pusat kuliner di Bandung yang cukup padat penduduk merupakan salah satu hal yang saya alami. Di daerah saya yaitu Buah Bat...